Bagaimana Caranya Menciptakan Perubahan Yang Langgeng Antony Robins


Agar perubahan itu benarbenar bernilai, perubahan harus langgeng dan konsisten. Kita semua pernah mengalami perubahan sesaat, lalu pada akhirnya kecewa. Bahkan, banyak orang mengupayakan perubahan dengan rasa takut dan ngeri karena secara bawah sadar mereka menganggap perubahan itu hanya sementara sifatnya. Contoh utama dari hal ini adalah seseorang yang perlu berdiet, tetapi menundanundanya, terutama karena secara bawah sadar ia tahu bahwa kepedihan apa pun yang ditanggungnya untuk menciptakan perubahan tersebut hanya akan memberinya imbalan jangka pendek. Selama sebagian besar kehidupan saya, saya telah mengejar apa yang saya anggap sebagai prinsipprinsip utama dari perubahan yang langgeng, yang akan Anda pelajari banyak prinsip ini serta bagaimana cara menggunakannya di halamanhalaman berikutnya.


Namun untuk sekarang ini, saya ingin membagikan tiga prinsip perubahan dasar yang bisa langsung kita gunakan untuk mengubah kehidupan kita. Di samping, prinsipprinsip ini sederhana, juga luar biasa ampuh ketika diterapkan dengan terampil. Inilah perubahanperubahan yang sama persis, yang harus diadakan seorang individu untuk menciptakan perubahan pribadi, yang harus diadakan sebuah perusahaan untuk memaksimalkan potensinya, dan yang harus diadakan sebuah negara untuk mendapatkan tempatnya di dunia. Kenyataannya, sebagai komunitas dunia, inilah perubahanperubahan yang harus kita semua lakukan, untuk memelihara kualitas kehidupan di seluruh dunia.


LANGKAH PERTAMA

  • Naikkanlah Standar-standar Anda 

Setiap kali Anda dengan tulus ingin mengadakan perubahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menaikkan standarstandar Anda. Ketika orang bertanya kepada saya, apa yang sesungguhnya mengubah kehidupan saya delapan tahun yang lalu, saya beri tahu mereka bahwa yang mutlak paling penting adalah mengubah apa yang saya tuntut terhadap diri sendiri. Saya tuliskan segala hal yang tidak lagi saya terima dalam kehidupan saya, segala hal yang tidak lagi saya toleransi, dan segala yang saya citacitakan. Renungkanlah konsekuensikonsekuensi jangka panjang, yang diakibatkan oleh pria dan wanita yang menaikkan standarstandar mereka dan bertindak menurut standarstandar baru tersebut, memutuskan bahwa mereka takkan memberi toleransi yang kurang dari itu. Sejarah mencatat contohcontoh yang menginspirasi dari orangorang seperti Leonardo da Vinci, Abraham Lincoln, Helen Keller, Mahatma Gandhi, Martin Luther King Jr., Rosa Parks, Albert Einstein, Cesar Chavez, Soichiro Honda, dan banyak lagi yang lain, yang mengambil langkah yang luar biasa ampuh berupa menaikkan standarstandar mereka. Kuasa yang sama, yang tersedia bagi mereka, juga tersedia bagi Anda, kalau Anda berani mengklaimnya. Mengubah sebuah organisasi, sebuah perusahaan, sebuah negara—sebuah dunia—dimulai dengan langkah sederhana berupa mengubah diri Anda sendiri.


LANGKAH KEDUA

  • Ubahlah Anggapan-anggapan Anda yang Membatasi 

Jika Anda menaikkan standarstandar Anda, tetapi tidak benarbenar yakin bahwa Anda bisa mencapainya, Anda sudah menyabotase diri sendiri. Anda bahkan tidak akan mencobanya; Anda tidak akan mempunyai kepastian yang memungkinkan Anda menggali kapasitas terdalam yang ada dalam diri Anda bahkan ketika Anda membaca ini. Anggapananggapan kita itu ibarat perintah yang tidak dipertanyakan lagi, yang memberi tahu kita segalanya apa adanya, apa yang mungkin dan tidak mungkin, apa yang sanggup dan tidak sanggup kita perbuat. Anggapananggapan itulah yang membentuk setiap tindakan, setiap pikiran, dan setiap perasaan yang kita alami. Akibatnya, mengubah sistem keyakinan kita itu sangatlah sentral dalam mengadakan perubahan apa pun yang nyata dan langgeng dalam kehidupan kita. Kita harus mengembangkan kepastian bahwa kita sanggup dan pasti memenuhi standarstandar baru itu sebelum benarbenar memenuhinya. Tanpa mengendalikan sistem keyakinan Anda, boleh saja Anda menaikkan standarstandar Anda setinggi mungkin, tetapi Anda tidak akan pernah mempunyai keyakinan yang memadai untuk mendukungnya. Berapa banyakkah yang akan dicapai Gandhi menurut Anda, seandainya ia tidak yakin dengan segala keberadaannya, akan kuasa perlawanan tanpa kekerasan? Keselarasan keyakinannya itulah yang memberinya akses pada sumbersumber daya batinnya yang memberdayakannya untuk menghadapi tantangantantangan yang pasti akan menggoyahkan seseorang yang kurang mempunyai komitmen. Keyakinankeyakinan yang memberdayakan—kepastian—adalah daya di balik sukses besar mana pun dalam sejarah. 


LANGKAH KETIGA 

  • Ubahlah Strategi Anda 

Untuk memelihara komitmen Anda, Anda butuh strategistrategi terbaik untuk mencapai hasilhasil. Salah satu keyakinan inti saya adalah bahwa kalau Anda tetapkan standar yang lebih tinggi, dan Anda sungguhsungguh meyakininya, Anda pasti akan menemukan strategistrateginya. Pasti Anda temukan jalannya. Pada akhirnya, tentang semuanya itulah buku ini. Buku ini menunjukkan strategistrategi untuk melaksanakannya, dan akan saya beri tahu Anda sekarang bahwa strategi terbaik dalam hampir setiap kasus adalah menemukan model peran, seseorang yang sudah mendapatkan hasil yang Anda inginkan, lalu menggali pengetahuannya. Pelajarilah apa yang dilakukannya, apa saja keyakinan intinya, dan bagaimana ia berpikir. Bukan saja ini akan menjadikan Anda lebih efektif, melainkan juga akan menghemat banyak waktu Anda sebab Anda tidak lagi perlu menciptakan ulang rodanya. Anda bisa menyempurnakannya, Anda bisa membentuknya ulang, dan mungkin bahkan menjadikannya lebih baik. Buku ini akan memberi Anda informasi dan dorongan untuk berkomitmen terhadap ketiga prinsip utama tersebut menyangkut perubahan berkualitas: buku ini akan membantu Anda menaikkan standarstandar Anda dengan menemukan bagaimana standarstandar Anda yang sekarang dan menyadari bagaimana Anda menginginkannya; buku ini akan membantu Anda mengubah keyakinankeyakinan inti yang menghalangi Anda dari ke mana tujuan Anda dan menguatkan keyakinan-keyakinan inti yang sudah membantu Anda; dan buku ini akan membantu Anda mengembangkan serangkaian strategi secara lebih anggun, lebih cepat, dan lebih efisien memperoleh hasilhasil yang Anda inginkan. Dalam kehidupan ini, banyak orang mengetahui apa yang harus diperbuat, tetapi tidak banyak yang benarbenar melaksanakan apa yang mereka ketahui. Mengetahui tidaklah cukup! Anda harus mengambil tindakan. Kalau boleh, melalui buku ini saya akan menjadi pembimbing pribadi Anda. Apakah yang dilakukan pembimbing? Ya pertamatama, pembimbing itu peduli kepada Anda. Mereka telah bertahuntahun memusatkan pada suatu bidang keahlian, dan mereka terus mengadakan pembedaan kunci tentang bagaimana caranya menghasilkan hasilhasil dengan lebih cepat. Dengan menggunakan strategistrategi yang akan dijelaskan oleh pembimbing Anda, Anda dapat segera dan dengan dramatis mengubah performa Anda. Terkadang, pembimbing Anda bahkan tidak memberitahukan sesuatu yang baru, melainkan mengingatkan Anda akan apa yang sudah Anda ketahui, lalu memastikan Anda melaksanakannya. Inilah peran, dengan seizin Anda, yang akan saya mainkan bagi Anda. Mengenai apakah spesifiknya, saya akan membimbing Anda? Saya akan memberikan pembedaan kuasa dalam bagaimana caranya menciptakan perbaikan langgeng dalam kualitas kehidupan Anda. 

Bersama-sama, kita akan berkonsentrasi pada (bukan cobacoba!) penguasaan lima bidang kehidupan yang saya yakini paling mempengaruhi kita, yaitu:

1. Penguasaan Emosional

Menguasai pelajaran ini saja sudah akan sangat membantu Anda dalam menguasai keempat yang lain! Renungkanlah. Mengapa Anda ingin menurunkan berat badan? Apakah hanya agar lemak tubuh Anda berkurang? Atau karena bagaimana perasaan Anda nantinya menurut Anda, setelah Anda membebaskan diri dari berat yang berlebihan itu, menjadi lebih energik dan penuh vitalitas, menjadi lebih menarik bagi orang lain, dan menjadi lebih yakin dan punya harga diri? Dapat dikatakan semua yang kita lakukan adalah untuk mengubah perasaan kita—tetapi kebanyakan orang kurang atau tidak terlatih melakukan ini dengan cepat dan efektif. Sungguh menakjubkan betapa sering kita menggunakan inteligensi yang di bawah kendali kita, untuk menjerumuskan diri ke dalam kondisikondisi emosional yang tidak berakal budi, melupa26 Impian tentang Takdir kan sekian banyak talenta hakiki yang sudah kita semua punyai. Terlalu banyak orang yang membiarkan dirinya dipengaruhi kejadiankejadian luar, yang di luar kuasanya, tidak mengendalikan emosinya sendiri—padahal itu berada dalam kuasanya—dan justru bergantung pada obat penyembuh jangka pendek. Bagaimana lagi dapat kita jelaskan fakta bahwa, sementara kurang dari 5 persen dari populasi dunia itu tinggal di Amerika Serikat, tetapi mereka mengonsumsi lebih dari 50 persen dari ganja dunia? Atau bahwa anggaran pertahanan nasionalnya, yang sekarang ini mencapai miliaran dolar, diimbangi oleh jumlah yang dihabiskan untuk mengonsumsi alkohol? Atau bahwa 15 juta warga Amerika didiagnosis mengalami depresi secara klinis setiap tahunnya, dan bahwa obat antidepresi, Prozac, yang telah diresepkan itu telah lebih dari $500 juta dolar nilainya? Dalam buku ini, Anda akan menemukan apa yang membuat Anda melakukan apa yang Anda lakukan, dan pemicupemicu emosi yang paling sering Anda alami. Kemudian Anda akan diberikan rencana selangkah demi selangkah untuk menunjukkan bagaimana caranya mengidentifikasikan emosiemosi apa saja yang memberdayakan, yang tidak memberdayakan, dan bagaimana caranya menggunakan keduanya dengan cara yang paling menguntungkan, sehingga emosiemosi Anda bukan menjadi hambatan, melainkan menjadi alat ampuh dalam membantu Anda mencapai potensi tertinggi Anda.


2. Penguasaan Fisik

Apakah layak, mempunyai segala yang Anda impikan, tetapi tidak mempunyai kesehatan fisik untuk dapat menikmatinya? Apakah Anda bangun setiap paginya merasa penuh energi, bertenaga, dan siap menghadapi hari itu? Atau apakah Anda bangun merasa sama lelahnya seperti semalam, badan sakit, dan berat untuk memulainya dari awal lagi? Akankah gaya hidup Anda yang sekarang menjadikan Anda termasuk dalam statistik? Satu dari dua warga Amerika meninggal karena penyakit jantung; satu dari tiga orang meninggal karena kanker. Meminjam istilah dokter abad ketujuh belas, Thomas Moffett, kita "menggali kubur kita dengan gigi kita sendiri", sementara kita jejali tubuh kita dengan makananmakanan berlemak tinggi yang tak bergizi, kita racuni sistem kita dengan rokok, alkohol, dan obatobatan, serta dengan duduk pasif di depan TV. Pelajaran penguasaan kedua ini akan membantu Anda mengendalikan kesehatan fisik Anda sehingga Anda bukan saja tampak baik, melainkan juga merasa baik dan mengetahui bahwa Anda memegang kendali dalam kehidupan Anda, dalam tubuh yang memancarkan vitalitas dan memungkinkan Anda untuk mencapai hasil-hasil Anda. 


3. Penguasaan Hubungan

Selain menguasai emosi dan kesehatan fisik Anda sendiri, tidak ada yang lebih penting menurut saya, daripada belajar menguasai hubunganhubungan Anda—entah hubungan asmara, keluarga, bisnis, ataupun sosial. Siapa sih yang mau belajar, bertumbuh, dan menjadi sukses serta bahagia sendirian? Pelajaran penguasaan ketiga dalam buku ini akan menyingkapkan rahasia yang memungkinkan Anda menciptakan hubunganhubungan berkualitas—pertama dengan diri sendiri, lalu dengan orang lain. Anda akan mulai dengan menemukan apa yang paling Anda hargai, apa saja harapanharapan Anda, aturanaturan yang Anda jadikan pegangan hidup Anda, dan bagaimana hubungan semuanya itu dengan orang lain. Lalu, ketika Anda mencapai penguasaan keterampilan yang sangat penting ini, Anda akan mempelajari bagaimana caranya berhubungan dengan sesama pada tingkatan terdalam, dan mendapatkan imbalan berupa sesuatu yang kita semua ingin alami: rasa mempunyai kontribusi, mengetahui bahwa kita telah menghasilkan perbedaan dalam kehidupan sesama kita. Saya telah menemukan bahwa bagi saya sendiri, sumber daya terbesar adalah hubungan karena hubungan membuka pintu pada setiap sumber daya yang saya butuhkan. Penguasaan pelajaran ini akan memberi Anda sumber daya tak terbatas untuk bertumbuh dan memberikan kontribusi. 


4. Penguasaan Keuangan

Ketika mencapai usia enam puluh lima tahun, kebanyakan warga Amerika itu entah benarbenar jatuh miskin—atau mati! Bukan itu yang dibayangkan kebanyakan orang bagi diri mereka sendiri ketika mereka menyongsong usia pensiun mereka. Namun, tanpa keyakinan bahwa Anda layak sejahtera secara keuangan, didukung oleh rencana permainan yang realistis, mana mungkin Anda mengubah skenario yang Anda inginkan itu menjadi nyata? Pelajaran penguasaan keempat dalam buku ini akan mengajari Anda bagaimana caranya melampaui sasaran sekadar bertahan pada tahuntahun senja kehidupan Anda, dan bahkan sekarang. Beberapa orang beruntung hidup di masyarakat kapitalis, karena mereka mampu mewujudkan impian. Akan tetapi, kebanyakan orang mengalami tekanan keuangan terusmenerus, dan kita berkhayal bahwa mempunyai uang lebih banyak akan melegakan kita dari tekanan tersebut. Inilah ilusi besar kebudayaan—yakinlah bahwa semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin besarlah tekanan yang akan Anda rasakan. Kuncinya bukanlah sekadar mengejar kekayaan, melainkan mengubah anggapananggapan dan sikapsikap Anda mengenai hal itu sehingga Anda memandangnya sebagai sarana memberi kontribusi, bukan sarana dan tujuan akhir kebahagiaan. Untuk membentuk takdir keuangan berlimpah, Anda harus terlebih dahulu belajar bagaimana caranya mengubah apa yang mengakibatkan kelangkaan dalam kehidupan Anda, lalu bagaimana caranya mengalaminya secara konsisten, nilainilai, keyakinankeyakinan, dan emosiemosi yang bersifat prinsip untuk mengalami kekayaan dan memegangnya serta mengembangkannya. Kemudian Anda mendefinisikan sasaransasaran Anda membentuk impianimpian Anda dengan mata tertuju pada tercapainya tingkatan kesejahteraan yang setinggi mungkin, memenuhi Anda dengan kedamaian pikiran dan membebaskan Anda untuk menantikan dengan gembira, segala kemungkinan yang diberikan oleh kehidupan. 


5. Penguasaan Waktu

Mahakarya itu membutuhkan waktu. Namun, berapa banyakkah di antara kita yang benarbenar tahu bagaimana caranya menggunakan waktu? Yang saya bicarakan bukanlah manajemen waktu; yang saya bicarakan adalah benarbenar mendistorsikan waktu dan memanipulasikannya sehingga waktu menjadi sekutu, bukannya musuh Anda. Pelajaran penguasaan kelima dalam buku ini akan mengajari Anda, pertamatama, bagaimana evaluasievaluasi jangka pendek dapat menuntun pada kepedihan jangka panjang. Anda akan belajar bagaimana caranya mengambil keputusan nyata dan bagaimana caranya mengelola hasrat Anda akan kepuasan seketika, sehingga memungkinkan ideide, ciptaanciptaan Anda—bahkan potensi Anda sendiri—ada waktu untuk berbuah banyak. Berikutnya akan Anda pelajari bagaimana caranya merancang petapeta dan strategistrategi yang diperlukan untuk menindaklanjuti keputusan Anda, menjadikannya nyata dengan kesediaan untuk mengambil tindakan besar, kesabaran untuk mengalami "waktu jeda", dan fleksibilitas untuk mengubah pendekatan Anda sesering yang diperlukan. Begitu Anda menguasai waktu, Anda akan mengerti betapa benarnya bahwa kebanyakan orang terlalu melebihlebihkan apa yang sanggup mereka capai dalam setahun—dan terlalu meremehkan apa yang sanggup mereka capai dalam sepuluh tahun! 

- Kutipan Buku  The Giant Of Within Antony Robins

Berbagi
MANSA'ADAH
Bagaimana Caranya Menciptakan Perubahan Yang Langgeng Antony Robins

Bagaimana Caranya Menciptakan Perubahan Yang Langgeng Antony Robins

Blog
Jumlah
Pengiriman
Jumlah Barang
Lokasi Penjual
Tujuan Pengiriman
Harga kirim
Berbagi

Pesan WhatsApp ×

Bagaimana Caranya Menciptakan Perubahan Yang Langgeng Antony Robins

Bagaimana Caranya Menciptakan Perubahan Yang Langgeng Antony Robins

Harga :
Ongkos Kirim :




Bayar di Aplikasi

Bayar di Aplikasi OVO & DANA!

Klik tombol Lihat kode QR.
Scan kodenya untuk bayar di app.
Kirim

Baca selengkapnya

Spesifikasi

Kategori
ID Produk 5856127674807851644

Deskripsi


Agar perubahan itu benarbenar bernilai, perubahan harus langgeng dan konsisten. Kita semua pernah mengalami perubahan sesaat, lalu pada akhirnya kecewa. Bahkan, banyak orang mengupayakan perubahan dengan rasa takut dan ngeri karena secara bawah sadar mereka menganggap perubahan itu hanya sementara sifatnya. Contoh utama dari hal ini adalah seseorang yang perlu berdiet, tetapi menundanundanya, terutama karena secara bawah sadar ia tahu bahwa kepedihan apa pun yang ditanggungnya untuk menciptakan perubahan tersebut hanya akan memberinya imbalan jangka pendek. Selama sebagian besar kehidupan saya, saya telah mengejar apa yang saya anggap sebagai prinsipprinsip utama dari perubahan yang langgeng, yang akan Anda pelajari banyak prinsip ini serta bagaimana cara menggunakannya di halamanhalaman berikutnya.


Namun untuk sekarang ini, saya ingin membagikan tiga prinsip perubahan dasar yang bisa langsung kita gunakan untuk mengubah kehidupan kita. Di samping, prinsipprinsip ini sederhana, juga luar biasa ampuh ketika diterapkan dengan terampil. Inilah perubahanperubahan yang sama persis, yang harus diadakan seorang individu untuk menciptakan perubahan pribadi, yang harus diadakan sebuah perusahaan untuk memaksimalkan potensinya, dan yang harus diadakan sebuah negara untuk mendapatkan tempatnya di dunia. Kenyataannya, sebagai komunitas dunia, inilah perubahanperubahan yang harus kita semua lakukan, untuk memelihara kualitas kehidupan di seluruh dunia.


LANGKAH PERTAMA

  • Naikkanlah Standar-standar Anda 

Setiap kali Anda dengan tulus ingin mengadakan perubahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menaikkan standarstandar Anda. Ketika orang bertanya kepada saya, apa yang sesungguhnya mengubah kehidupan saya delapan tahun yang lalu, saya beri tahu mereka bahwa yang mutlak paling penting adalah mengubah apa yang saya tuntut terhadap diri sendiri. Saya tuliskan segala hal yang tidak lagi saya terima dalam kehidupan saya, segala hal yang tidak lagi saya toleransi, dan segala yang saya citacitakan. Renungkanlah konsekuensikonsekuensi jangka panjang, yang diakibatkan oleh pria dan wanita yang menaikkan standarstandar mereka dan bertindak menurut standarstandar baru tersebut, memutuskan bahwa mereka takkan memberi toleransi yang kurang dari itu. Sejarah mencatat contohcontoh yang menginspirasi dari orangorang seperti Leonardo da Vinci, Abraham Lincoln, Helen Keller, Mahatma Gandhi, Martin Luther King Jr., Rosa Parks, Albert Einstein, Cesar Chavez, Soichiro Honda, dan banyak lagi yang lain, yang mengambil langkah yang luar biasa ampuh berupa menaikkan standarstandar mereka. Kuasa yang sama, yang tersedia bagi mereka, juga tersedia bagi Anda, kalau Anda berani mengklaimnya. Mengubah sebuah organisasi, sebuah perusahaan, sebuah negara—sebuah dunia—dimulai dengan langkah sederhana berupa mengubah diri Anda sendiri.


LANGKAH KEDUA

  • Ubahlah Anggapan-anggapan Anda yang Membatasi 

Jika Anda menaikkan standarstandar Anda, tetapi tidak benarbenar yakin bahwa Anda bisa mencapainya, Anda sudah menyabotase diri sendiri. Anda bahkan tidak akan mencobanya; Anda tidak akan mempunyai kepastian yang memungkinkan Anda menggali kapasitas terdalam yang ada dalam diri Anda bahkan ketika Anda membaca ini. Anggapananggapan kita itu ibarat perintah yang tidak dipertanyakan lagi, yang memberi tahu kita segalanya apa adanya, apa yang mungkin dan tidak mungkin, apa yang sanggup dan tidak sanggup kita perbuat. Anggapananggapan itulah yang membentuk setiap tindakan, setiap pikiran, dan setiap perasaan yang kita alami. Akibatnya, mengubah sistem keyakinan kita itu sangatlah sentral dalam mengadakan perubahan apa pun yang nyata dan langgeng dalam kehidupan kita. Kita harus mengembangkan kepastian bahwa kita sanggup dan pasti memenuhi standarstandar baru itu sebelum benarbenar memenuhinya. Tanpa mengendalikan sistem keyakinan Anda, boleh saja Anda menaikkan standarstandar Anda setinggi mungkin, tetapi Anda tidak akan pernah mempunyai keyakinan yang memadai untuk mendukungnya. Berapa banyakkah yang akan dicapai Gandhi menurut Anda, seandainya ia tidak yakin dengan segala keberadaannya, akan kuasa perlawanan tanpa kekerasan? Keselarasan keyakinannya itulah yang memberinya akses pada sumbersumber daya batinnya yang memberdayakannya untuk menghadapi tantangantantangan yang pasti akan menggoyahkan seseorang yang kurang mempunyai komitmen. Keyakinankeyakinan yang memberdayakan—kepastian—adalah daya di balik sukses besar mana pun dalam sejarah. 


LANGKAH KETIGA 

  • Ubahlah Strategi Anda 

Untuk memelihara komitmen Anda, Anda butuh strategistrategi terbaik untuk mencapai hasilhasil. Salah satu keyakinan inti saya adalah bahwa kalau Anda tetapkan standar yang lebih tinggi, dan Anda sungguhsungguh meyakininya, Anda pasti akan menemukan strategistrateginya. Pasti Anda temukan jalannya. Pada akhirnya, tentang semuanya itulah buku ini. Buku ini menunjukkan strategistrategi untuk melaksanakannya, dan akan saya beri tahu Anda sekarang bahwa strategi terbaik dalam hampir setiap kasus adalah menemukan model peran, seseorang yang sudah mendapatkan hasil yang Anda inginkan, lalu menggali pengetahuannya. Pelajarilah apa yang dilakukannya, apa saja keyakinan intinya, dan bagaimana ia berpikir. Bukan saja ini akan menjadikan Anda lebih efektif, melainkan juga akan menghemat banyak waktu Anda sebab Anda tidak lagi perlu menciptakan ulang rodanya. Anda bisa menyempurnakannya, Anda bisa membentuknya ulang, dan mungkin bahkan menjadikannya lebih baik. Buku ini akan memberi Anda informasi dan dorongan untuk berkomitmen terhadap ketiga prinsip utama tersebut menyangkut perubahan berkualitas: buku ini akan membantu Anda menaikkan standarstandar Anda dengan menemukan bagaimana standarstandar Anda yang sekarang dan menyadari bagaimana Anda menginginkannya; buku ini akan membantu Anda mengubah keyakinankeyakinan inti yang menghalangi Anda dari ke mana tujuan Anda dan menguatkan keyakinan-keyakinan inti yang sudah membantu Anda; dan buku ini akan membantu Anda mengembangkan serangkaian strategi secara lebih anggun, lebih cepat, dan lebih efisien memperoleh hasilhasil yang Anda inginkan. Dalam kehidupan ini, banyak orang mengetahui apa yang harus diperbuat, tetapi tidak banyak yang benarbenar melaksanakan apa yang mereka ketahui. Mengetahui tidaklah cukup! Anda harus mengambil tindakan. Kalau boleh, melalui buku ini saya akan menjadi pembimbing pribadi Anda. Apakah yang dilakukan pembimbing? Ya pertamatama, pembimbing itu peduli kepada Anda. Mereka telah bertahuntahun memusatkan pada suatu bidang keahlian, dan mereka terus mengadakan pembedaan kunci tentang bagaimana caranya menghasilkan hasilhasil dengan lebih cepat. Dengan menggunakan strategistrategi yang akan dijelaskan oleh pembimbing Anda, Anda dapat segera dan dengan dramatis mengubah performa Anda. Terkadang, pembimbing Anda bahkan tidak memberitahukan sesuatu yang baru, melainkan mengingatkan Anda akan apa yang sudah Anda ketahui, lalu memastikan Anda melaksanakannya. Inilah peran, dengan seizin Anda, yang akan saya mainkan bagi Anda. Mengenai apakah spesifiknya, saya akan membimbing Anda? Saya akan memberikan pembedaan kuasa dalam bagaimana caranya menciptakan perbaikan langgeng dalam kualitas kehidupan Anda. 

Bersama-sama, kita akan berkonsentrasi pada (bukan cobacoba!) penguasaan lima bidang kehidupan yang saya yakini paling mempengaruhi kita, yaitu:

1. Penguasaan Emosional

Menguasai pelajaran ini saja sudah akan sangat membantu Anda dalam menguasai keempat yang lain! Renungkanlah. Mengapa Anda ingin menurunkan berat badan? Apakah hanya agar lemak tubuh Anda berkurang? Atau karena bagaimana perasaan Anda nantinya menurut Anda, setelah Anda membebaskan diri dari berat yang berlebihan itu, menjadi lebih energik dan penuh vitalitas, menjadi lebih menarik bagi orang lain, dan menjadi lebih yakin dan punya harga diri? Dapat dikatakan semua yang kita lakukan adalah untuk mengubah perasaan kita—tetapi kebanyakan orang kurang atau tidak terlatih melakukan ini dengan cepat dan efektif. Sungguh menakjubkan betapa sering kita menggunakan inteligensi yang di bawah kendali kita, untuk menjerumuskan diri ke dalam kondisikondisi emosional yang tidak berakal budi, melupa26 Impian tentang Takdir kan sekian banyak talenta hakiki yang sudah kita semua punyai. Terlalu banyak orang yang membiarkan dirinya dipengaruhi kejadiankejadian luar, yang di luar kuasanya, tidak mengendalikan emosinya sendiri—padahal itu berada dalam kuasanya—dan justru bergantung pada obat penyembuh jangka pendek. Bagaimana lagi dapat kita jelaskan fakta bahwa, sementara kurang dari 5 persen dari populasi dunia itu tinggal di Amerika Serikat, tetapi mereka mengonsumsi lebih dari 50 persen dari ganja dunia? Atau bahwa anggaran pertahanan nasionalnya, yang sekarang ini mencapai miliaran dolar, diimbangi oleh jumlah yang dihabiskan untuk mengonsumsi alkohol? Atau bahwa 15 juta warga Amerika didiagnosis mengalami depresi secara klinis setiap tahunnya, dan bahwa obat antidepresi, Prozac, yang telah diresepkan itu telah lebih dari $500 juta dolar nilainya? Dalam buku ini, Anda akan menemukan apa yang membuat Anda melakukan apa yang Anda lakukan, dan pemicupemicu emosi yang paling sering Anda alami. Kemudian Anda akan diberikan rencana selangkah demi selangkah untuk menunjukkan bagaimana caranya mengidentifikasikan emosiemosi apa saja yang memberdayakan, yang tidak memberdayakan, dan bagaimana caranya menggunakan keduanya dengan cara yang paling menguntungkan, sehingga emosiemosi Anda bukan menjadi hambatan, melainkan menjadi alat ampuh dalam membantu Anda mencapai potensi tertinggi Anda.


2. Penguasaan Fisik

Apakah layak, mempunyai segala yang Anda impikan, tetapi tidak mempunyai kesehatan fisik untuk dapat menikmatinya? Apakah Anda bangun setiap paginya merasa penuh energi, bertenaga, dan siap menghadapi hari itu? Atau apakah Anda bangun merasa sama lelahnya seperti semalam, badan sakit, dan berat untuk memulainya dari awal lagi? Akankah gaya hidup Anda yang sekarang menjadikan Anda termasuk dalam statistik? Satu dari dua warga Amerika meninggal karena penyakit jantung; satu dari tiga orang meninggal karena kanker. Meminjam istilah dokter abad ketujuh belas, Thomas Moffett, kita "menggali kubur kita dengan gigi kita sendiri", sementara kita jejali tubuh kita dengan makananmakanan berlemak tinggi yang tak bergizi, kita racuni sistem kita dengan rokok, alkohol, dan obatobatan, serta dengan duduk pasif di depan TV. Pelajaran penguasaan kedua ini akan membantu Anda mengendalikan kesehatan fisik Anda sehingga Anda bukan saja tampak baik, melainkan juga merasa baik dan mengetahui bahwa Anda memegang kendali dalam kehidupan Anda, dalam tubuh yang memancarkan vitalitas dan memungkinkan Anda untuk mencapai hasil-hasil Anda. 


3. Penguasaan Hubungan

Selain menguasai emosi dan kesehatan fisik Anda sendiri, tidak ada yang lebih penting menurut saya, daripada belajar menguasai hubunganhubungan Anda—entah hubungan asmara, keluarga, bisnis, ataupun sosial. Siapa sih yang mau belajar, bertumbuh, dan menjadi sukses serta bahagia sendirian? Pelajaran penguasaan ketiga dalam buku ini akan menyingkapkan rahasia yang memungkinkan Anda menciptakan hubunganhubungan berkualitas—pertama dengan diri sendiri, lalu dengan orang lain. Anda akan mulai dengan menemukan apa yang paling Anda hargai, apa saja harapanharapan Anda, aturanaturan yang Anda jadikan pegangan hidup Anda, dan bagaimana hubungan semuanya itu dengan orang lain. Lalu, ketika Anda mencapai penguasaan keterampilan yang sangat penting ini, Anda akan mempelajari bagaimana caranya berhubungan dengan sesama pada tingkatan terdalam, dan mendapatkan imbalan berupa sesuatu yang kita semua ingin alami: rasa mempunyai kontribusi, mengetahui bahwa kita telah menghasilkan perbedaan dalam kehidupan sesama kita. Saya telah menemukan bahwa bagi saya sendiri, sumber daya terbesar adalah hubungan karena hubungan membuka pintu pada setiap sumber daya yang saya butuhkan. Penguasaan pelajaran ini akan memberi Anda sumber daya tak terbatas untuk bertumbuh dan memberikan kontribusi. 


4. Penguasaan Keuangan

Ketika mencapai usia enam puluh lima tahun, kebanyakan warga Amerika itu entah benarbenar jatuh miskin—atau mati! Bukan itu yang dibayangkan kebanyakan orang bagi diri mereka sendiri ketika mereka menyongsong usia pensiun mereka. Namun, tanpa keyakinan bahwa Anda layak sejahtera secara keuangan, didukung oleh rencana permainan yang realistis, mana mungkin Anda mengubah skenario yang Anda inginkan itu menjadi nyata? Pelajaran penguasaan keempat dalam buku ini akan mengajari Anda bagaimana caranya melampaui sasaran sekadar bertahan pada tahuntahun senja kehidupan Anda, dan bahkan sekarang. Beberapa orang beruntung hidup di masyarakat kapitalis, karena mereka mampu mewujudkan impian. Akan tetapi, kebanyakan orang mengalami tekanan keuangan terusmenerus, dan kita berkhayal bahwa mempunyai uang lebih banyak akan melegakan kita dari tekanan tersebut. Inilah ilusi besar kebudayaan—yakinlah bahwa semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin besarlah tekanan yang akan Anda rasakan. Kuncinya bukanlah sekadar mengejar kekayaan, melainkan mengubah anggapananggapan dan sikapsikap Anda mengenai hal itu sehingga Anda memandangnya sebagai sarana memberi kontribusi, bukan sarana dan tujuan akhir kebahagiaan. Untuk membentuk takdir keuangan berlimpah, Anda harus terlebih dahulu belajar bagaimana caranya mengubah apa yang mengakibatkan kelangkaan dalam kehidupan Anda, lalu bagaimana caranya mengalaminya secara konsisten, nilainilai, keyakinankeyakinan, dan emosiemosi yang bersifat prinsip untuk mengalami kekayaan dan memegangnya serta mengembangkannya. Kemudian Anda mendefinisikan sasaransasaran Anda membentuk impianimpian Anda dengan mata tertuju pada tercapainya tingkatan kesejahteraan yang setinggi mungkin, memenuhi Anda dengan kedamaian pikiran dan membebaskan Anda untuk menantikan dengan gembira, segala kemungkinan yang diberikan oleh kehidupan. 


5. Penguasaan Waktu

Mahakarya itu membutuhkan waktu. Namun, berapa banyakkah di antara kita yang benarbenar tahu bagaimana caranya menggunakan waktu? Yang saya bicarakan bukanlah manajemen waktu; yang saya bicarakan adalah benarbenar mendistorsikan waktu dan memanipulasikannya sehingga waktu menjadi sekutu, bukannya musuh Anda. Pelajaran penguasaan kelima dalam buku ini akan mengajari Anda, pertamatama, bagaimana evaluasievaluasi jangka pendek dapat menuntun pada kepedihan jangka panjang. Anda akan belajar bagaimana caranya mengambil keputusan nyata dan bagaimana caranya mengelola hasrat Anda akan kepuasan seketika, sehingga memungkinkan ideide, ciptaanciptaan Anda—bahkan potensi Anda sendiri—ada waktu untuk berbuah banyak. Berikutnya akan Anda pelajari bagaimana caranya merancang petapeta dan strategistrategi yang diperlukan untuk menindaklanjuti keputusan Anda, menjadikannya nyata dengan kesediaan untuk mengambil tindakan besar, kesabaran untuk mengalami "waktu jeda", dan fleksibilitas untuk mengubah pendekatan Anda sesering yang diperlukan. Begitu Anda menguasai waktu, Anda akan mengerti betapa benarnya bahwa kebanyakan orang terlalu melebihlebihkan apa yang sanggup mereka capai dalam setahun—dan terlalu meremehkan apa yang sanggup mereka capai dalam sepuluh tahun! 

- Kutipan Buku  The Giant Of Within Antony Robins

Baca selengkapnya Sembunyikan

Informasi Penjual

MANSA'ADAH